Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin dan merupakan panutan bagi guru-guru. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki karakter individu yang kuat dan berperilaku positif yakni sifat kepribadian peramah, bersemangat, percaya diri, dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Kepala sekolah harus memiliki bidang keterampilan profesional yang meliputi: (1) keterampilan teknis, terkait tugas manajerial sekolah; (2) keterampilan manusiawi (human skills), mampu bekerja dengan dan melalui orang lain; dan (3) keterampilan konseptual, mampu menganalisis gagasan/ide untuk kemajuan sekolah.
Guru sangat tergantung pada pemimpin dan kepada kepala sekolahlah mereka akan berkeluh kesah. Jika kepala sekolah sebagai pemimpin tidak memiliki keterampilan profesional, maka kepada siapa guru akan mengadu? Idealnya guru yang mengadu segala persoalan (terutama terkait dengan pengajaran) kepada kepala sekolah, bukan sebaliknya, kepala sekolah yang “sambat” (mengeluh) kepada guru. Untuk memulai perbaikan mutu di segenap lembaga pendidikan negeri ini, perlu dilakukan pertama-tama dengan memperbaiki kepemimpinan di sekolah. Itulah leadership!
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.