Hubungan antara ISO 9000 dengan TQM merupakan topik yang patut dicari titik terangnya, karena terkadang setiap organisasi dan institusi dapat menerapkan kedua hal tersebut dalam waktu yang bersamaan. Menurut Sallis (2006:131), ISO 9000 bukanlah sebuah standar TQM. TQM adalah upaya serius yang tidak hanya sekedar mendirikan sistem mutu, dan tidak memerlukan aplikasi standar eksternal. Ada sejumlah metode yang mungkin dapat membantu melihat hubungan antara TQM dan ISO 9000 seperti yang dikemukakan Sallis, (2006:131) berikut ini.
Ada empat model hubungan antara BS 5750/ISO 9000 dan TQM, yaitu:
Model pertama, yang melihat BS 5750/ISO 9000 sebagai langkah awal dari TQM. BS 5750/ISO 9000 dapat menjadi langkah pertama menuju mutu terpadu. BS 5750/ISO 9000 menangani infrastruktur prosedural yang mengawali terjadinya perubahan kultur dan prilaku. Memperoleh BS 5750/ISO 9000 memberikan kepercayaan diri kepada institusi untuk melangkah ke depan untuk menangani isu-isu besar yang dihubungkan dengan TQM.
Model kedua, adalah hampir sama dengan yang pertama, yaitu memposisikan BS 5750/ISO 9000 pada bagian inti dalam mutu terpadu. Dalam model ini BS 5750/ISO 9000 menyelenggarakan TQM dan memberinya pondasi yang solid untuk kemajuan selanjutnya.
Dalam model ketiga, BS 5750/ISO 9000 memiliki peran yang minor dalam perusahaan TQM yang lebih besar. BS 5750/ISO 9000 hanya dilihat sebagai satu elemen dalam suatu usaha yang lebih penting. Perannya hanya sebatas menjamin konsistensi operasional prosedur institusi. Dalam model ini, mutu disampaikan oleh partisipasi aktif seluruh pekerja dalam tim pengembangan dan tidak hanya dengan sekedar prosedur-prosedur tertulis.
Model keempat memiliki pandangan yang berbeda tentang hubungan antara TQM dan standar mutu eksternal. Dalam model ini BS 5750/ISO 9000 dipandang sebagai hal yang tidak relevan terhadap mutu.
Berdasarkan pendapat yang dikemukakan Sallis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya antara ISO 9000 dengan TQM merupakan satu kesatuan yang dapat dijadikan pedoman bagi sebuah organisasi dalam melaksanakan perbaikan mutu organisasi. TQM dan ISO 9000 merupakan metode perbaikan mutu yang memiliki kesamaan dalam tahapan penerapannya. ISO 9000 memiliki peranan dalam TQM. Standar mutu tersebut dapat memberikan pesan aktual dan potensial kepada pelanggan, bahwa institusi menggunakan mutu secara serius, dan bahwa kebijakan serta praktiknya sesuai dengan standar mutu nasional dan internasional. Menerapkan ISO 9000 di sebuah organisasi, merupakan sebuah langkah yang mahal dan memakan waktu, dan bahkan mungkin sulit untuk dilakukan oleh sebuah institusi kecil, khususnya sekolah. Dana adalah hal yang sangat utama, sementara semua bentuk manfaat selalu diharapkan berjangka panjang.
Sangat membantu pemahaman saya. Terima kasih banyak.
BalasHapus