01 Februari 2012

PERGI HAJI CUMA Rp. 500??

Kalau kita naik bus jurusan Madiun-Jombang, lanjut Jombang-Malang, kita akan berjumpa dengan para musisi yang multi talenta. Mereka tak kalah dengan Jamrud, Boomerang, dan Didi Kempot. Hebat excelent semua. Ya musisi jalanan namanya. Ngamen neng bis-bisan! Saya senang jika berjumpa dengan mereka, sahabat di dalam bus. Rute Madiun-Jombang, memiliki karakter yang dipengaruhi oleh budaya Jawa Timuran. Nyanyinya enak, ada guyonannya, lagunya Jawa (campur sari), seperti lagu Jambu Alas. Saya ndak suka musisi yang nyanyi lagu sendu, cengeng, apalagi berbau cinta, yang mendayu-dayu! Ini terutama lagu-lagu pop. Lagu-2 campur sari, jan top tenan. Hidup penuh warna, tak hanya mendengarkan lagu itu-itu saja. Lain lagi Rute Madiun-Yogyakarta, musisinya lebih alus, sopan, dan kalem. Agak beda dengan rute Madiun-Jombang. Saya pernah menjumpai musisi dengan menyanyikan jula-juli Suroboyoan di Rute Madiun-Yogyakarta. Top!!!

Satu hal membedakan musisi bis-bisan dengan musisi dari artis. Saya senang, top pokoknya, diakhir nyanyi, musisi bis-bisan sering mendoakan para penumpang bis, seperti doa: selamat sampai tujuan, rejeki melimpah, sehat, keluarganya tenteram. Dan doa yang saya suka paling utama ialah: penumpang didoakan DAPAT PERGI HAJI! Saya punya tesis demikian: Orang yang bisa pergi Haji salah satu penyebabnya ialah dikabulkannya doa teman-teman musisi bis-bisan. Coba kalau kita cermati, musisi dari artis, setelah nyanyi dipanggung, paling banter mengucapkan: terima kasih, atau saat live concert paling banter mengucapkan: terima kasih, hati-hati di perjalanan, dan nama sponsornya. Beda dengan musisi bis-bisan. Tanpa ada bandrol HTM konser musisi bis-bisan, bebas mau beri Rp. 500 boleh, tak memberi juga boleh, dapat doa bisa pergi Haji.

Kita jangan berbangga dulu, percaya diri dulu atas "terkabulnya" keinginan dan harapan kita, karena doa yang kita panjatkan. Siapa tahu itu karena doa orang lain kepada kita. Sungguh hak Gusti Pangeran yang mendengar dan mengabulkan doa. Kita tak tahu.

Mudah-mudahan pembaca yang muslim dapat pergi Haji semua, yang tak membaca tulisan ini juga mudah-mudahan bisa pergi haji semua.

Mudah-mudahan teman-teman saya para musisi bis-bisan diberi kemudahan, teduh hatinya, lapang, rejeki melimpah, tercapai harapan dan citanya, kesehatan, dan juga dapat pergi Haji bagi yang muslim.

1 komentar:

  1. amin doakan saja dengan pernyataan diatas saya sangat setuju tetapi saya juga sering dengar musik yang berbaur cinta

    BalasHapus