28 Mei 2012

Antara Aku, Rokok, dan Banci

ROKOK !!! Ya, sebuah barang yang kecil tapi RACUN. Tak ada riset yang mendukung kalo rokok itu baik. Rokok pasti berefek burung bagi kesehatan. Uang dibakar percuma, penyakit yang lambat laun pasti kena tapi tak terasa, belum lagi MELANGGAR HAK ORANG LAIN.

Sy termasuk orang yang BENCI ROKOK, termasuk orang yang benci perokok, kalau merokok di dekat sy, tak terkecuali BAPAK saya dewek. Merokok silahkan, tidak apa-2 teman-2 merokok, tapi jangan melanggar hak orang lain di sekitarnya: untuk hidup sehat, menghirup udara sehat, hidup nyaman tanpa asap rokok dari teman-2 yang merokok. Merokok silahkan, tapi di ruang yang hanya njenengan sendiri menempatinya, tak ada orang lain.

INI PERINGATAN UNTUK PEROKOK:


Ada cerita menarik terkait dengan rokok:
Suatu saat pada waktu sy masih di Malang, kumpul sama teman-2 kos sebelah. Rame saat itu orangnya yang ikut kumpul. Ada teman sy yang nyletuk gini kpd sy: "Opo kuwi, gak lanang, ora ngrokok, BANCI ora ngrokok". Welah rokok kok dibawa-bawa untuk predikat banci!!! Asem tenan iku. Langsung semua teman-2 saat itu menertawakan sy, karena sy tidak merokok, teguh pendirian, tak mau merokok. Memang suasana pada waktu itu hanya sebatas bercanda saja, tak lebih. Sy senang melihat teman-2 sy tertawa lepas, karena dengan tertawa manusia bisa melepaskan kepenatan sejenak, merefresh otak, biar tak tegang. Sy ikut tertawa juga, walaupun sy obyek yang ditertawakan. Tak apa, menyenangkan orang.

Tapi langsung satu jurus, langsung sy balikan, cletukan teman sy tadi: Ngene rek, awak'e saiki ngomong sampel, ben rodok ilmiah titik. Oke benar ayas gak ngrokok. Iku sampel. Wong lanang kabeh iku populasine. Dan wong lanang ora kabeh ngrokok, hanya sebagian wong lanang sing ngrokok. Lah iku sampel: enek wong lanang sing ngrokok, karo enek wong lanang sing ora ngrokok. Saiki ganti Banci sing dadi populasine. Ayo totoan, sopo banci sing ora ngrokok? Kabeh banci ki ngrokok. Banci populasi. Dadi wong sing ngrokok kuwi banci!!!

Semua teman sy, langsung mengkerut dahinya. Batin sy: hayo kon, kenek kowe!!! Horas!!!

1 komentar:

  1. Kunjungan pagi
    Sangat insviratif dan Menarik untuk saya baca Terimakasi suda membaerikan informasi.
    Masuk balik blig saya juga .,

    BalasHapus