10 Maret 2010

KENANGAN KKN

Menjadi salah satu bagian dari Kuliah Kerja Nyata Pemberantasan Buta Aksara (KKN PBA) pada Tahun 2007 kemarin, sangat membekas di hati. Pokok’e ora kenek diomongkan dengan jelas, kenek’e dirasak’ke. Program KKN PBA pada waktu itu dilaksanakan selama empat bulan (maret s/d juni). Aku sebagai tutor di wilayah Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Warga Belajar (WB) yang ikut dalam program tersebut ada 16 orang. Nama-nama WB yang ikut pada Tabel.

No.

Nama WB

L/P

1.

Ibu Suntik

P

2.

Ibu Nasiyatun

P

3.

Bpk. Kamijan

L

4.

Ibu Karti

P

5.

Bpk. Kasenu

L

6.

Bpk. Nari

L

7.

Ibu Ngatminah

P

8.

Ibu Ramini

P

9.

Ibu Katin

P

10.

Ibu Sri Rejeki

P

11.

Ibu Sulikah

P

12.

Ibu Pasri

P

13.

Bpk. Sukamto

L

14.

Ibu Nasiyah

P

15.

Ibu Salik

P

16.

Adik Dwi Fitri H.

P

Kalau mengingat beliau-beliau yang ikut program PBA dulu, mesti Aku tersenyum sendiri. Banyak yang Aku rasakan baik pada saat pelaksanaan pembelajaran PBA dan pasca program selesai. Pada saat pelaksanaan program, Aku berbaur langsung dengan beliau-beliau, mulai ikut kegiatan istighotsah dengan warga, memberikan les kepada siswa SD di Selorejo, dan ikut kerja bakti di Bumi Perkemahan Bedengan Selorejo yang dikelola warga setempat.

Pada saat pembelajaran PBA berlangsung yang Aku ingat adalah semangat beliau-beliau untuk ikut dalam program PBA. Walaupun pada siang hari lelah bekerja di sawah, tetapi tetap semangat mengikuti pembelajaran. Pembelajaran PBA dilaksanakan secara rutin setiap hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu pukul 19.15 sampai dengan pukul 21.00.

Tulisan di atas merupakan hal yang terlalu kecil Aku ungkapkan berkaitan dengan KKN PBA. Dan ini adalah kenangan foto-foto Saya dengan WB pada saat pelaksanaan PBA. Mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi bagi pembaca.

Kegiatan Pembelajaran PBA Kegiatan Pembelajaran PBA Kegiatan Pembelajaran PBA Memberikan Les di SD Memberikan Les di SD

Yang ini siswa Saya di PBA yang paling kecil (umurnya kemarin masih seusia SMp, ya kira2 13an tahun)

Tidak ada komentar: