10 Mei 2009

TUGAS-TUGAS DAN PROSES MANAJEMEN STRATEGIK

TUGAS-TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK

Menurut Arthur Thompson & A.J. Strickland III (2001:7) ada lima tugas manajemen strategik, yaitu:

  1. Mengembangkan visi dan misi strategik

  2. Merangkai / menyusun tujuan-tujuan

  3. Membangun (Craft) suatu strategi untuk mencapai tujuan-tujuan

  4. Melaksanakkan dan mengeksikusi strategi

  5. Mengevaluasi dan mengambil inisiatif membuat koreksi penyesuaian-penyesuaian

PROSES MANAJEMEN STRATEGIK

Manajemen sebagai suatu proses, yaitu bagaimana arus atau alur tugas-tugas yang mesti dilakukan oleh para manajer strategik suatu perusahaan. Untuk memahami proses manajemen strategik lebih baik jika menelusuri alur pikir atas proses tersebut menurut beberapa pakar manajemen strategik. Di sini dikemukakan alur pikir proses manajemen strategi dari lima orang / kelompok pakar yaitu (1) Thompson dan Strickland III, (2) Hitt, Ireland, dan Hoskisson, (3) Hill dan Jones, (4) Wheelen dan Hunger, dan (5) Pearce dan Robinson.

Ad 1. Proses manajemen strategik menurut Thompson dan Strickland III telah tergambar dalam lima tugas yang secara bertahap harus dikerjakan oleh para manajer strategik.

Ad2. Proses manajemen strategik menurut Hitt, Ireland, dan Hoskisson mereka membagi dalam tiga kelompok proses. Kelompok pertama, adalah masukkan-masukkan, yaitu analisis lingkungan eksternal dan analisis lingkungan internal untuk menyusun misi strategik (mereka tidak menyebut tujuan dalam kerangka proses ini).

Kelompok proses kedua yaitu formulasi strategi dan impelementasi strategi, formulasi / perumusan strategy, yaiu perumusan strategi pada tingkat bisnis, dinamika persaingan, strategi tingkat-perusahaan, akuisisi dan restrukturisasi, strategi internasional, dan strategi-strategi kooperatif / kerjasama. Implementasi strategi meliputi: penguasaan perusahaan, struktur dan pengendalian keorganisasian, kepemimpinan strategik, dan kewirausahaan dan inovasi.

Kelompok proses ketiga yaitu keluaran-keluaran (outcomes) strategis yakni perwujudkan kinerja berupa persaingan-persiangan untuk menghasilkan returns di atas rata-rata.

Ad3.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar